Tips Memilih Raket Badminton

Badminton merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar di indonesia. Tidak heran jika selain sepak bola olahraga yang satu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat indonesia.

Untuk mendukung permainan bulu tangkis agar bermain dengan bagus dan nyaman maka di butuhkan raket yang berkualitas. Jika anda pemula dan masih bingung tentang infromasi raket yang berkualitas di pasaran indonesia. Tidak usah khawatir karena kami akan menjelaskan secara rinci.

Tips Memilih Raket Badminton

Cara Memilih Raket Badminton

Selain skill, dalam permainan bulu tangkis juga di butuhkan raket yang berkualitas baik. Sehingga bisa menunjang permainan yang bagus. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara memilih caket yang bagus dan berkualitas. Berikut kami sajikan informasi di bawah, diantaranya :

A. Pilih Senar Yang Lembut

Pilihlah raket dengan kualitas senar lembut dan lunak. Senar yang seperti ini dapat membuat tekanan yang besar ketika anda memukul kock. Meskipun senar yang kaku bisa di gunakan, namun membutuhkan jangka waktu yang sedikit lama untuk penyesuaian dan hasilnya tidak semaksimal senar yang lembut dan lunak.

B. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Ketika anda memilih raket, ada satu hal yang penting harus di perhatikan yakni ukuran pegangan raket. Ketebalan dan berat gagang raket biasanya dituliskan dalam simbol, misalnya “4UG5”. Semkain kecil angkanya maka semakin tebal ukuran pegangan raket tersebut.

Jika anda pemula, kami sarankan memilih raket yang pegangannya tipis. Sebab tidak akan membutuhkan tenaga yang besar dan banyak. Namun jika anda tipe orang yang permainannya cepat dan kerap melakukan smash, maka pilihlah raket yang pegangannya tebal.

Baca juga :  Harga Raket Badminton Victor

C. Pilih Berat Yang Sesuai

Hal yang wajib di perhatikan ketika memilih raket badminton adalah beratnya. Umumnya, pengelompokkan raket bulu tangkis menggunakan simbol U di belakang angka. Semakin besar angkanya, maka semakin ringan berat raket tersebut.

– 3U : Sekitar 85g – 90g
– 2U : Sekitar 90g – 95g
– 5U : Sekitar 75g – 80g
– 4U : Sekitar 80g – 85g

Pilihlah berat raket yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Sebab selisih berat yang cukup besar, sangat berpengaruh ketika permainan sedang berlangsung, misalnya membuat anda cepat lelah, karena mengeluarkan energi banyak.

D. Bentuk Frame

Tips memilih raket yang baik adalah dengan melihat bentuk kepala raket itu sendiri. Di pasaran ada 2 jenis bentuk kepala raket yakni oval konvensional dan frame isometric.

Frame yang bentuk oval konvensional mempunyai spot yang sedikit ketika melakukan smash. Berbeda halnya dengan frame yang bentuk isometric, ia mempunyai bantalan senar yang halus dan luas sehingga menghasilkan smash yang baik.

E. Merk Raket

Tidak dapat di pungkiri, jika merk raket juga sangat berpengaruh dalam permainan bulu tangkis. Di indonesia ada beberapa jenis Merk Raket Badminton terbaik dan yang terkenal akan kualitasnya seperti Yonex,Adidas, Lining, Victor dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply